Workshop Origami 2023, “Ayo Belajar Bahasa Jepang dengan Gembira Melalui Origami”


Workshop Origami

折り紙を通して日本語を楽しく勉強しましょう

“Ayo Belajar Bahasa Jepang dengan Gembira Melalui Origami”

Surabaya, 11 Juli 2023 – Program Studi Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo dengan bangga kembali menyelenggarakan workshop kejepangan bernama Workshop Origami pada hari Selasa, 11 Juli 2023 pukul 10.30 - 12.00 WIB yang bertempat di Ruang R.M. Soemantri, lantai 3 Gedung A, Universitas Dr. Soetomo. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Workshop Sushi yang diadakan bulan Mei lalu. Melihat banyaknya minat para peserta workshop terhadap Origami, maka Program Studi Sastra Jepang Unitomo kembali menyelenggarakan kegiatan ini untuk memperkenalkan Origami sebagai salah satu seni budaya dari Jepang. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian acara Dies Natalis Universitas Dr. Soetomo ke-42.

Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang. Berasal dari kata ori (折り) yang berarti melipat dan kami () yang berarti kertas. Dengan teknik origami, kertas yang biasa dapat dilipat menjadi objek yang indah baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Kertas yang digunakan saat membuat origami biasanya berbentuk persegi. Origami merupakan seni yang membutuhkan keterampilan tangan yang sangat teliti karena perlu membuat berbagai lipatan pada kertas dan terkadang untuk membuat sebuah Origami memerlukan satu hingga beberapa bagian Origami yang kemudian digabungkan menjadi satu.


Workshop Origami kali ini mengundang Ketua Asosiasi Origami Indonesia wilayah Jawa Timur, Dini Rahmiati. Beliau merupakan lulusan IKIP Bandung / UPI dan telah mengikuti berbagai seminar Origami baik domestik maupun internasional serta memberikan berbagai pelatihan tentang Origami. Mendampingi Dini sensei adalah salah satu dosen Sastra Jepang, Desy Irmayanti sensei yang juga merupakan pembina klub Origami Universitas Dr. Soetomo. Workshop Origami dibawakan oleh Ayu Nurul selaku MC dan dimulai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Sastra, Cicilia Tantri Suryawati. Selanjutnya, Desy sensei selaku pembina klub memperkenalkan kegiatan-kegiatan klub Origami Unitomo dan dilanjutkan acara utama yaitu workshop origami “Japanese Paper Doll” oleh Dini sensei. Tak hanya itu, turut memeriahkan acara adalah special performance dari Klub Chanoyu Unitomo.

Kegiatan ini mengundang seluruh pelajar SMA/SMK/MA,  yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya, mahasiswa dari PTN/PTS di Surabaya serta masyarakat umum yang berminat dan tertarik terhadap budaya Jepang terutama dalam seni melipat kertas Origami. Workshop Origami diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat serta sebagai informasi dan pengetahuan
tentang budaya Jepang khususnya Origami.

 



Share this Post