CROSS CULTURAL UNDERSTANDING English Literature Department of Dr. Soetomo & American Students



CROSS CULTURAL UNDERSTANDING

English Literature Department of Dr. Soetomo & American Students


    Selasa, 13 Juni 2023, Program Studi Sastra Inggris (Prodi Sasing) Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kembali mengadakan kegiatan pertukaran budaya atau Cross Culture Understanding (CCU) yang dilakukan bersama 13 mahasiswa Amerika untuk kesekian kalinya. Ajining Dhiri Ana Ing Lathi, Ajine Raga Ana Ing Busana. Itulah tema yang diangkat oleh Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas DR. Soetomo.

    Kegiatan ini adalah sebagai wujud eksistensi Prodi Sastra Inggris dalam berperan ditingkat internasional melalui bahasa, sehingga program pertukaran budaya ini diharapkan mampu untuk

  • Meningkatkan kemampuan memahami perbedaan budaya barat dan timur dikalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya sehingga terciptanya perdamaian dunia dengan memberdayakan generasi muda.
  • Memperluas pengetahuan dan wawasan perbedaan budaya dikalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk semakin mencintai budayanya sendiri.

  • Mengembangkan kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris dikalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

  • Menjadi wadah forum diskusi internasional dikalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

  • Menjadi salah satu media dalam memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia.

  • Salah satu program Universitas Dr. Soetomo di tingkat Internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia melalui pemberdayaan generasi muda.

        Kegiatan yang dibuka oleh Rektor, dan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Universitas Dr. Soetomo, siswa siswi SMA Dr, Soetomo, SMK Unitomo dan mahasiswa Amerika. Mahasiswa Amerika berkunjung ke Indonesia dalam rangka liburan musin panas dan ingin belajar tentang budaya. Mereka berasal dari Universitas Auburn, Florida, Oklahoma dengan latar belakang jurusan ilmu yang berbeda-beda. Dan akan berada di Surabaya selama 2 minggu.

    Dalam gelaran ini, mahasiswa Sastra Inggris akan mempersembahkan tema “THE JAVANESE”, yang mengangkat nilai filosofi Jawa- Ajining Dhiri Ana Ing Lathi, Ajine Raga Ana Ing Busana. Menyatukan keindahan raga dan budi melalui beberapa kegiatan berbusana, berbicara, dan bertindak. Demikian juga dengan mahasiswa Amerika akan menyampaikan filosofi budaya mereka dalam etika berbusana dan berbicara. Dimulai acara perkenalan diri dari mahasiswa Amerika. Disambung dengan presentasi apa makna dari Ajining Dhiri Ana Ing Lathi, Ajine Raga Ana Ing Busana oleh mahasiswa Sastra Inggris, kemudian belajar memakai baju kebaya bagi mahasiswi Amerika, dan baju lurik bagi mahasiswa Amerika. Dilanjutkan dengan belajar mengenal aksara Jawa dan mempraktekannya dengan menulis nama mereka dengan aksara Jawa tersebut.

        Berikutnya adalah memperkenalkan alat musik Angklung dan belajar memainkannya. Di dunia yang penuh dengan teknologi canggih, peserta akan belajar teknologi sederhana dan bersentuhan dengan alam. Peserta akan belajar menggunakan jari jari tangan mereka untuk

    memainkan 2 lagu yaitu Ibu Kita Kartini dan Cant help falling in love. Bunyi bambu yang indah akan menggema dari dalam ruang. Menikmati musik industri 1.0. Sedangkan mahasiswa Amerika akan mempersembahkan salah satu tarian dari negara mereka.

     


        Acara diakhiri dengan kuliner, soto Amerika yang akan disajikan bersama oleh peserta Indonesia dan Amerika. Mahasiswa Amerika akan menyajikan soto yang akan diajarkan oleh mahasiswa Indonesia. Kemudian akan ditantang untuk menawarkannya dengan menggunakan bahasa Jawa. Sugeng rawuh. Monggo sotonipun, menika eco sanget. Matur nuwun.

        

        Kemudian ditutup dengan ramah tamah dan berbincang santai serta berfoto dan bernyanyi menari bersama. Para peserta bisa lebih mengenal satu sama lain sebagai wujud saling memahami perbedaan budaya dan melancarkan bahasa Inggris bagi peserta Indonesia. Dari sinilah perdamaian dunia terwujud di masa depan melalui pemberdayaan kaum muda sebagai penerus bangsa dan dunia. Unitomo ikut berperan didalamnya sebagai salah satu rangkaian menyambut Dies Nataliesnya yang ke 42.

    Diakhiri dengan kegiatan informal, mahasiswa Amerika berlanjut keliling kampus Unitomo yang ditemani oleh mahasiswa Sastra Inggris Unitomo. 

    UNITOMO CCU. CARE, SHARE, AND PEACE! VIVA SASTRA UNITOMO.

    Mahasiswa Amerika

    Auburn University Auburn, Alabama

    Drew Dutton (Auburn, Alabama) Rehabilitation & Disability Studies

     

    University of Florida Gainesville, Florida

    Emma Ward (Boca Raton, Florida) Health Science

    Moriah Olive (Gainesville, Florida) Anthropology

    Emma Formet (Orlando, Florida) Microbiology & English

    Ryan Smith (Plant City, Florida) Sport Management

    Sophie Johnson (Jacksonville, Florida) Animal Science

    Micaiah Olive (Gainesville, Florida) Business Management

    RyLee Kriener (Chicago) Information Technology

     

    University of Oklahoma Norman, Oklahoma

    Meg Hanlin (Powell, Wyoming) Teaching English as a Second Language 

    Share this Post