MELESTARIKAN SENI PARIKAN DALAM KEGIATAN BERWIRAUSAHA


MELESTARIKAN SENI PARIKAN DALAM KEGIATAN BERWIRAUSAHA


Pada hari Kamis 3 Agustus 2023, BEM Fakultas Sastra bersama Perwakilan dari Himaprodi dan mahasiswa Fakultas Sastra mengikuti kegiatan Niaga Bahasa dengan tema “Berwirausaha dengan Bahasa dan Sastra”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan dihadiri oleh 100 mahasiswa yang ada di Surabaya, Sidoarjo dan Madura.

Dalam kegiatan ini, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Dr. Umi Kulsum, M.Hum. memaparkan materinya mengenai Balai Bahasa dan pentingnya Mengutamakan Bahasa Indonesia, Melestarikan Bahasa Daerah dan Menguasai Bahasa Asing. Kemudian, kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan mengenai seni dari bahasa daerah, yakni Parikan.

Parikan merupakan sebuah karya sastra yang mirip dengan pantun. Atau dapat dikatakan pula sebagai pantun berbahasa Jawa. Parikan biasanya terdiri atas 2 baris. Baris pertama adalah kalimat untuk menarik perhatian, sedangkan baris kedua adalah kalimat isinya. Nantinya, seni parikan ini akan dipakai dan dikolaborasikan dalam lomba membuat desain produk yang diisi oleh Bapak Chandra Purnama, tentang kiat-kiat membuat desain produk yang unik yang dapat dituliskan pada mug, sebagai salah satu benda kriya. Kegiatan ini turut diramaikan oleh Bapak Shoim Anwar yang merupakan salah satu seniman ternama di Jawa Timur.  

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pelestarian dan dukungan terhadap bahasa daerah, sebagai salah satu kekayaan bahasa nasional lewat seni ber-parikan yang dapat dikolaborasikan dengan kegiatan berwirausaha, seperti pada desain produk pada mug, maupun ide-ide kreatif lainnya. 


Share this Post