Diklat Ormawa Fakultas Sastra 2023


Diklat Ormawa Fakultas Sastra 2023


    Surabaya, 19 Oktober 2023 – Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo telah menyelenggarakan Diklat Ormawa 2023 yang bertempat di Gedung F lt. 5 ruang F.508. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota organisasi mahasiswa Fakultas Sastra yaitu DLM-FS, BEM-FS, HIMAPRODI Sastra Inggris, HIMAPRODI Sastra Jepang dan UKM-FS Teater Kumbang dengan total peserta sebanyak 55 mahasiswa. Diklat Ormawa yang mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Pengurus yang Aktif, Inisiatif, Kreatif, Berprestasi dan Bertanggung Jawab” merupakan kegiatan kali pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Sastra sebagai upaya untuk menumbuhkan dan membangun semangat serta soft-skill mahasiswa dalam berorganisasi, tak lupa juga kepekaan sosial untuk melengkapi hard-skill yang telah diperoleh ketika belajar selama di perkuliahan. Acara ini juga merupakan sumbangsih Fakultas Sastra bagi mahasiswa sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan dalam berorganisasi.

Dekan Fakultas Sastra, Cicilia Tantri Suryawati memberikan sambutan pada Diklat Ormawa, Kamis (5/10/2023).


    Kegiatan dilakukan selama 3 kali tatap muka, berlangsung di hari Kamis setiap minggunya mulai pukul 15.30 – 17.30 WIB. Materi diklat disampaikan oleh para alumni Fakultas Sastra yakni Kuncoro, S.S., Gr. sebagai pemateri 1, Mochamad Makrup, S.S., M.Ikom. sebagai pemateri 2, Rahadiyan Duwi Nugroho., S.S., M.Hum. sebagai pemateri 3 serta dipandu oleh Dr. Hariyono, S.S., M.Pd. dan Kusuma Wijaya, S.S., M.Pd. yang bertindak selaku moderator. Pada minggu pertama, Bapak Kuncoro membawakan materi tentang leadership dan organisasi.



    Pada minggu kedua, mahasiswa menerima dua materi sekaligus yang bertema “Clear Talking, Clear Thinking” yang disampaikan oleh Bapak Makrup serta “Proposal dan Pengarsipan” yang disampaikan oleh Bapak Rahadiyan



Kuncoro, S.S., Gr menyampaikan materi tentang leadership dan organisasi (kiri) dan para ketua ormawa FS memegang hasil team games (kanan), Kamis (5/10/2023).



Mochamad Makrup, S.S., M.Ikom. menyampaikan materi tentang Clear Talking, Clear Thinking (kiri) dan ditemani oleh moderator Kusuma Wijaya, S.S., M.Pd. (kanan) (gambar 1), Kamis (12/10/2023).



Rahadiyan Duwi Nugroho., S.S., M.Hum. menyampaikan materi tentang Proposal dan Pengarsipan, Kamis (12/10/2023).


    Pada minggu terakhir, masing-masing ormawa mempresentasikan draf program kerja yang akan diselenggarakan selama 1 periode sesuai dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Bapak Rahadiyan.




Para ormawa (kiri ke kanan; BEM, DLM, Himaprodi Sastra Inggris, Himaprodi Sastra Jepang dan UKM Teater Kumbang FS) mempresentasikan masing-masing proker selama 1 periode , Kamis (20/10/2023).


    Setelah melalui penilaian yang cukup ketat oleh para pemateri, peringkat pertama diraih oleh Himaprodi Sastra Jepang (Tomokai), disusul oleh Himaprodi Sastra Inggris (Ulisses) di peringkat kedua dan BEM di peringkat tiga serta DLM dan UKM Teater Kumbang FS di peringkat keempat dan kelima.



Para ketua ormawa bersama para pemateri dan dosen Fakultas Sastra , Kamis (20/10/2023).


    Fakultas Sastra berharap kegiatan Diklat Ormawa dapat membawa dampak positif terutama dalam hal kaderisasi kepengurusan organisasi di lingkungan Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo.





















Share this Post