Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1 Tahun 2022


mba Presentasi Bahasa Jepang

Tingkat Jawa Timur ke-1 Tahun 2022

(untuk Mahasiswa dan Umum)

 

Surabaya, 16 Desember 2022 – Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pemelajar bahasa Jepang tertinggi di dunia sejak tahun 2001, menduduki peringkat ke-2 setelah Cina. Sebagai salah satu upaya mengembangkan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia, The Japan Foundation Jakarta bekerjasama dengan berbagai pihak menyelenggarakan lomba presentasi bahasa Jepang. Kegiatan yang awalnya dikenal dengan nama Lomba Pidato Bahasa Jepang ini dapat kembali terlaksana setelah sempat terhenti selama 2 tahun dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda seluruh penjuru dunia. Setelah melalui evaluasi, nama kegiatan ini lalu berubah menjadi Lomba Presentasi Bahasa Jepang.

Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1, Surabaya, Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Bertempat di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Lomba Presentasi Bahasa Jepang yang mengusung tema “Pendidikan Indonesia di Masa Depan” diikuti oleh 11 peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur. Kegiatan ini didukung oleh Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, East Java Japan Club (EJJC), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dan Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) yang sekaligus bertugas sebagai juri lomba. Juri yang bertugas pada lomba presentasi kali ini adalah Takeyama Kenichi, Konsul Jenderal, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Fukuda Eiki, Kepala Sekolah Jepang Surabaya, Ubaidillah Zuhdi, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital, UNUSA, Imam Robandi, PERSADA, dan Muhammad Zinuri, Staff Lokal Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.


Muhammad Ramadhan N.A dan Lailatus Shafa Shofyta pada Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1, Surabaya, Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Universitas Dr. Soetomo juga turut mengirim mahasiswa dan mahasiswinya guna mengikuti Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1 Tahun 2022. Mereka adalah Muhammad Ramadhan N.A dan Lailatus Shafa Shofyta dari Prodi Sastra Jepang, Fakultas Sastra dari angkatan 2019 semester 7. Setelah melewati seleksi internal dari para dosen Sastra Jepang, mereka berdua terpilih untuk mewakili Universitas Dr. Soetomo pada lomba presentasi ini. Perlombaan berlangsung sekitar 90 menit dengan durasi yang diberikan kepada masing-masing peserta yaitu 7 menit serta dilanjutkan dengan tanya jawab dari para juri.

 

Penampilan spesial Nihongo Partners membawakan tarian tradisional Jepang “Soran Bushi”, Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Lomba Presentasi Bahasa Jepang juga dimeriahkan oleh penampilan spesial dari Nihongo Partners, native speaker bahasa Jepang yang ditugaskan sebagai pendamping guru bahasa Jepang di SMA dan SMK untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. Mereka membawakan tarian tradisional “Soran Bushi” dan “Heavy Rotation” (AKB48).

Fadil, Jeanette dan Christian bersama Dekan Ubaidillah Zuhdi, Konsul Jenderal Takeyama Kenichi dan Imam Robandi (kiri ke kanan), Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Setelah menunggu hasil keputusan dari para juri, Christian Ardy Handoko dari Prodi Sastra Jepang Universitas Brawijaya keluar sebagai Juara 1, Jeanette Putri dari Prodi Sastra Jepang Universitas Airlangga sebagai Juara 2 dan Fadil Maulana dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya sebagai Juara 3 Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1 Tahun 2022. Christian dan Jeanette selanjutnya akan mewakili Jawa Timur pada Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional pada 28 Januari 2023.

Upacara Penyerahan Beasiswa EJJC dan Nagayama Kazuko Awards, Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Pada acara yang sama, terdapat juga acara penyerahan beasiswa East Java Japan Club (EJJC) dan Nagayama Kazuko Awards 2022. Juara 1 Christian Ardy dan Juara 2 Jeanette Putri menerima Nagayama Kazuko Awards sebagai Juara Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Jawa Timur ke-1 Tahun 2022 sedangkan beasiswa EJJC diberikan kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Beasiswa EJJC adalah program yang dimulai sejak tahun 1994 dengan tujuan untuk membantu mahasiswa jurusan Bahasa Jepang di Jawa Timur.

 

Mahasiswa Unitomo Dika, Ramadhan dan Lailatus saat menerima beasiswa EJJC, Sabtu (10/12/2022). (FS/Mirza)

Pada tahun ini, beasiswa diberikan kepada 21 orang dari 5 Universitas di Jawa Timur. Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo yang memperoleh beasiswa EJJC adalah Dika Bhakti Lesmana, Muhammad Ramadhan N.A dan Lailatus Shafa Shofyta dari Prodi Sastra Jepang, Fakultas Sastra dari angkatan 2019.

Pada lomba presentasi kali ini Muhammad “Kiki” Ramadhan N.A dan Lailatus Shafa “Shofy” Shofyta telah membawa nama Unitomo dengan menunjukkan semangat dan memberikan penampilan terbaiknya. Meskipun pada lomba kali ini Unitomo masih belum dapat membawa pulang juara, semoga pada lomba selanjutnya Unitomo dapat berhasil dan meraih juara.

Share this Post